Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (8/6) di Sekretariat UKM IKM Nusantara, Perum Dumai, Kota Madiun ini dihadiri para anggota UKM IKM Nusantara Madiun yang didominasi 90% wanita.
Ketua UKM IKM Nusantara Kota Madiun, Tony Darminto kepada INBISNIS (9/6) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreatifitas Ibu-Ibu selama di rumah.
"Jadi kemarin ada UMKM yang sudah produksi dan sudah eksis, dan mengerti bagaimana cara pemasarannya, bagaimana strateginya selama pandemi, ilmu itu yang kita bagikan kepada para anggota," ujarnya.
Saat ini lanjut Tony, UKM IKM Nusantara Kota Madiun sedang menggembangkan pola pola pemasaran yang bagus, sehingga produk-produk IKM IKM Kota Madiun bisa lebih berkualitas.
"Kita saat ini sedang menggembangkan ke teman-teman yang punya produk tapi tak punya kapasitas untuk punya pasar, maka kita akan mengumpulkan, kita akan membantu mereka bagaimana membuat produk kemasan yang bagus, dengan harga yang layak, sehingga mereka bisa untung, dan diterima oleh konsumen, dan dipasarkan dimana saja bisa diterima,” tandas pria yang juga merupakan seorang dokter hewan ini.
Saat ini UKM IKM Nusantara telah memiliki 180 anggota aktif. Adapun produk unggulan dari UIN Madiun ialah sambel pecel, jamu, teh, serta wedang uwuh. Untuk pemasarannya sendiri, produk UKM IKM Nusantara Madiun telah merambah pasar Amerika dan Norwegia.
(SBN/Redaksi)